twitter
rss

Sejak November 2012 aku memulai bisnis Online Shop, bermodalkan pengalaman dari kecil udah jualan kedai sampah di rumah, semasa kuliah juga jualan Shoppie Martin dan Oriflame, join MNI dll hahahha
Semua jenis MLM mau kucobain ya..ckkckc

Mau gimana, walaupun dulu aku selalu berkomitmen dalam hati (ceileh..), di masa depan aku ga bakalan mau jadi pedagang, jualan, dan apalah namanya.. Jujur aja aku selalu merasa terikat dengan semua itu, dari kecil. Aku jarang bisa main sepuas hati dengan teman-teman, walau jam mainku masih ada sih. Aku tumbuh menjadi anak rumahan yang selalu stand by jaga kios mamaku..TV, majalah, novel, buku cerita, lagu Westlife menemaniku selalu..Curcolnya kepanjangan tolong ya ^_~
Nah, ternyata yang namanya uda mendarah daging (?) ga bisa jauh2 juga dari yang namanya jualan. Kali ini beda, agak lebih keren, Online Shop :D

Awalnya sih karena mikir banget minta duit ke ortu, anak pertama cuy hari gini usia segini semester segini (umm...-___-) dengan kebutuhan keluarga sebegini dan penghasilan ortu sebegitu, jadilah aku memikirkan strategi dan taktik mencari uang yang lancar jaya dan tetap halal xD
Rezeki emang ga kemana, dan Tuhan emang baik sekali memberikan pertolongan indah pada waktunya..Cerita punya cerita dengan teman gereja yang mulai merambah dunia Online Shop, aku pun mulai nekat..Aku tercabar saudara,dia bisa kenapa aku ga bisa?
Bermodalkan nekat dan tidak punya modal duit sama sekali, dan berdoa ke Tuhan bener ga yah ini cara Tuhan menjawab kesulitan ekonomi yang kualami saat ini?

Minta saran dan doa dari kk segereja dan PKK (sebegitunyalah aku), supaya ga salah langkah ini perlu hati-hati. Aku takut meningkatkan hedonisnya para pemudi pecinta kecantikan..Kalau untuk diriku aku ga ragu, ga terlalu hobi belanja jadi pasti aman :D
Setelah didoakan dan mikir-mikir, dag dig dug kaya baru di "PK" in cow yang disukai, akhirnya menetapkan hati akan memulainya..

Aku mulai mencari-cari suplier yang murah meriah muntah dan berkualitas barangnya. Suplier pertamaku dan masih tetap setia sampai sekarang adalah suplier baju rajut. Download foto bajunya, upload ke FB (belum punya BB), tunggu beberapa menit eh langsung banyak yang comment...
Yihaaa..begitu seterusnya..Cari trus suplier yang lain sana sini mana yang cocok ya sis, agan, bro, tante,om eh ga deng..jahhahah
Jadilah sampai sekarang saya masih setia menggeluti dunia martiga-tiga dunia maya a.k.a online shop..

Klo cerita suka duka, yah lumayan yah..
Sukanya:

  1. Dapet duit pastinya, bisa beli kebutuhan dengan hasil keringat sendiri..qiqiqiqi Sekaligus jadi tau sulitnya cari duit
  2. Punya kenalan banyak orang, perluas relasi..Makin mempelajari tipe orang dari dunia maya
  3. Pelatihan kesabaran yang super duper ampuh
  4. Latihan menjadi supermultitasking people pemirsah
  5. Bebas ngeliatin ratusan model baju, sepatu,tas yang lagi IN setiap saat, ga perlu gempor ke mall -_-
  6. Sok tau fashion, eh tau perkembangan fashion tanpa harus ikut mengaplikasikannya :D
  7. Manajemen keuangan benar-benar dituntut baik, itung-itung latihan jadi ibu-ibu ;)
  8. Kosan jadi sering rame, tamu-tamu silih berganti. Teman yang jarang ketemu jadi ketemu..
Dukanya
  1. Suplier lelet, jutek, slow respon, nyebelin, ga konsisten, teledor, kualitas barang jelek ga sesuai foto dll yang sering buat sasakku jadi naik dan sanggulku makin besar (~_~ ?? ). Ketemu suplier begitu? Ga usah mikir 2x apalagi 3x, aku langsung leave grup, delcont good bye sistaaaaa..Sehat selalu yaaa...:):):):*:*:*, 
  2. Masih kejadian sekali sih, duit udah transfer sok baik hati ngeduluanin, dan ternyata itu suplier 1,5 bulan kemudian pun belum kirim barang dengan jutaan alasan yang buat hatiku panas membara namun nada sms bbm harus terus manis ya, supaya duit kita balik dan dia ga tega nipu kita ^^v
  3. Customer rempong, pelit, suka nawar ga pake hati, ga sabaran nunggu barang nyampe Medan, banyak nanya ini itu kesana kemari tapi satupun ga jadi, suka kritik berlebihan masalah kualitas barang, dll.. Tapi sejauh ini sih baik-baik aja ya masih bisa di handle dengan hati yang lapang dan senyuman tak lekang oleh waktu
  4. Kena marah customer perkara dari sekian barang yang dia pesan hampir semua SOLD. barangnya emang cepet abis, rebutan seluruh Indonesia sih
  5. Ngerasa banyak jual tapi duit di tangan ko ga ada, oh iya ya masih piutang semua jadi kudu mesti harus sabar nunggu semua barang dilunasin hahaha
  6. Puyeng BB baterainya cuma bertahan beberapa jam, tuntutan BB selalu di tangan, berasa BB kejait di tangan aja. Tapi berusaha semaksimal mungkin tidak jualan saat pelayanan atau kegiatan lain cuy, profesional..
  7. Waktu lumayan tersita juga, jadi kadang lelah di tengah banyaknya aktivitas.
But overall aku masih menikmatinya..
Jadi bagi siapa aja yang ingin memulai online Shop, jangan takut.. Kamu pasti bisa ko, hasilnya lumayanlah uang jajan nambah..

Ini aku kasih tips memulai Online Shop ya..
  1. Pastikan  suplier kamu suplier tangan pertama, langsung ambil dari konveksi. Lebih bagus lagi kalau dia punya toko sendiri. Jadinya harganya murmertah (murah meriah muntah), juga stocknya banyak.
  2. Kalau suplier kamu superslow respon, jutek, ga konsisten, mending delcont aja. Masih banyak suplier lain yang lebih dapat diandalkan
  3. Pastikan suplier sering update, supaya jualan kamu juga tetap update dan laris manis kaya kacang rebus
  4. Perluas jaringan melalui facebook, twitter, instagram, atau apa aja deh social media yang memungkinkan. Cantumkan no HP dan pin BB jika punya
  5. Konsisten, ramah, sabar, aktif, meyakinkan merupakan hal yang harus kamu punya
  6. Mulai dari niat dan tekat, kalau hanya mau coba-coba dan tidak serius, lebih baik ditunda dulu. Itu hanya merusak rasa percaya orang lain terhadapmu dan malah merusak nama naik sendiri
Sepertinya itu saja, oh ya ko gaya-gayanya aku udah sok profesional gitu ya..ahhahaa
cuma berbagi pengalaman aja ya, masih belajar juga ini..Masi harus lebih banyak makan asam garam per onlinenan shop (?) *krik
Okeh, sekian dan terimakasih..
Doain saya ya..
Oh ya, sekalian promosi ini..
Yang tertarik pengen belanja ke saya, atau lebih bagus lagi ingin jadi reseller, add pin BB 330A9BF5 ; nope 08973717592 ; WA 08887551694
Thankyouuuu :)

6 comments:

  1. Mantap gan jualannya...
    bolehlah pesen barang ke saya kaya jaket-jaket
    harga bisa lebih miring dari yg dicantumkan..
    silahkan mampir ke http://al-fakhri.mywapblog.com
    Silahkan komen aja disana

  1. Sebagian besar sama kyk pengalaman saya.. Tp untungnya saya gak pernah dpt supplier lelet, jutek, n lemot hehee, selalu ngecek dalem2 profilnya di mbah google. Tks sharenya :D

  1. @Bayu: iya,hampir samaan ya pengalamannya...tetap semangat :)

  1. Pingin belajar nih ,aku baru berjualan di toko offline!

  1. iya semangat say, aqu dl reseller skrg bisa stok sendiri, punya toko sendiri

  1. Aq baru buka lapak nih. One stop shopping fashion. Moga lancar. Sukses tuk semua. Visit ya www.grosirmurahberkualitas.com