twitter
rss



Ketika kita menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselanat secara pribadi, kita telah dilahirkan kembali dan status kita berubah menjadi anak-anak Allah yang sejati, yang beroleh keselamatan dan hidup kekal menjadi bagian kita. Ada hal-hal di dalam diri kita yang langsung berubah saat kita lahir baru, yaitu status kita berubah menjadi anak Allah yang sejati, dari hamba dosa menjadi hamba kebenaran, dari orang-orang yang harus binasa menjadi orang yang beroleh hidup kekal. Namun kita harus menyadari bahwa kita masih seseorang yang sama, dengan karakter yang sama, dan pola hidup yang sama. Kita harus kembali menghadapi dunia yang sama dan orang-orang di lingkungan yang sama.


Dalam hal ini kita membutuhkan adanya perubahan dalam hidup kita sebagai orang percaya sebagai bukti iman kita kepadaNya. Ketika dahulu hidup kita penuh dengan dosa dan perilaku yang tidak sesuai dengan kehendakNya, kita harus mengubahnya. Perubahan demi perubahan dalam hidup kita tidak terjadi begitu saja, semua membutuhkan proses yang tidak mudah dan tidak bisa terjadi dalam waktu yang singkat. Proses yang kita lalui terkadang begitu sulitnya, sehingga sering muncul keingin untuk menyerah. Bisa kita bayangkan sulitnya mengubah suatu kebiasaan yang selama ini sudah kita nikmati selama bertahun-tahun kehidupan kita, bagaimana mungkin aku berhenti merokok dalam sehari? Bagaimana mungkin aku mampu keluar dari ikatan narkoba dalam waktu sesingkat ini? Dan banyak dosa dan keterikatan lainnya yang rasanya mustahil untuk kita tinggalkan.

Firman Tuhan menjadi jawaban atas semua kegelisahan kita, dengan firman Tuhan dan doa-doa yang kita panjatkan dengan serius kita pasti mampu untuk keluar dari lingkaran zona nyaman kita selama ini. Dalam  2 Timotius 3:16-17 dinyatakan : "
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik".
Dengan belajar firman Tuhan dari sehari ke sehari, menaati dan mengaplikasikannya dalam hidup kita, terus berdoa dengan serius, kita pasti mampu untuk menjalani kehidupan yang baru, menjadi seseorang yang berbeda.

Namun permasalahannya tidak sesederhana itu, sejujurnya sulit bagi kita untuk taat belajar firman Tuhan setiap hari, dengan banyaknya kegiatan yang harus kita ikuti, sering sekali kelelahan menjadi alasan bagi kita untuk tidak datang kepada Tuhan, bersekutu dan belajar firmanNya. Untuk itulah, kita membutuhkan orang lain sesama orang percaya, untuk mendukung kita dalam proses perubahan hidup, ketaatan untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Sulitnya proses perubahan hidup menjadi seseorang yang baru serasa mustahil untuk diperjuangkan sendirian, kita membutuhkan saudara seiman, bahkan seseorang yang secara rohani lebih dewasa daripada kita, yang dapat membimbing kita dari hal terkecil sampai hal terbesar dalam proses perubahan hidup ini. Hal yang mau saya sampaikan adalah, kita membutuhkan komunitas untuk bertumbuh di dalam pengenalan akan Allah. Komunitas yang benar-benar mengenal hidup kita, kelebihan dan kekurangan kita sebagai seorang pribadi yang ingin terus diubahkan oleh Allah.

Ketika pertama sekali saya lahir baru, saya bersedia bergabung dengan sebuah kelompok kecil di pelayanan perkantas Pematangsiantar. Luar biasa, melalui kelompok kecil yang saya ikuti, sedikit demi sedikit karakter saya semakin dibentuk menjadi karakter kesukaan Allah, walau saya akui tidak semua karakter buruk saya mampu saya ubah sampai saat ini. Kelompok kecil kami dipimpin oleh seorang kakak yang dewasa di dalam Tuhan, dia terus membimbing kami satu persatu dengan kasih, sehingga kami semakin mengenal satu sama lain dan mendukung pertumbuhan masing-masing. Mulai mencintai firman Tuhan, belajar firman Tuhan setiap hari melalui saat teduh, diajari cara berjam doa pribadi setiap harinya, bagaimana menggali dan mendalami Alkitab secara pribadi, dan banyak hal lainnya.

Kami juga terus diisi dan diajak untuk terlibat dalam pelayanan Persekutuan Siswa Kristen SMA N 4 Pematangsiantar, mengikuti ibadah dan pengisian-pengisian dlam persekutuan tersebut, yang berada dalam naungan Perkantas Pematangsiantar. Ketika kami dipandang siap, kami dilibatkan untuk ikut ambil bagian dalam melayani Tuhan. Ketika saya memasuki dunia mahasiswa, saya pindah dari Siantar ke Medan, dan di kota Medan saya kembali mencari komunitas dimana saya bisa bertumbuh dan melayani Tuhan. Saya bergabung dengan kelompok kecil baru di kampus, dan melayani di UKM KMK USU UP Psikologi. Dan sekarang melayani juga di GKPS Padangbulan.

Kesadaran bahwa saya membutuhkan komunitas untuk terus mendukung pertumbuhan saya, saya membutuhkan orang-orang yang mengingatkan saya ketika hidup saya melenceng, saya membutuhkan orang-orang yang memperhatikan saya, saya membutuhkan sebuah wadah untuk melayani Tuhan, saya membutuhkan mereka semua. Karena saya sadari bahwa orang-orang yang menyatakan dirinya bertumbuh pasti memiliki kerinduan yang dalam untuk melayani Tuhan.

Firman Tuhan dalam Ibrani 10:25 mengatakan : “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat”.

Satu hal yang mau saya tekankan, walaupun tulisan ini cenderung menekankan kepada orang-orang yang baru  lahir baru namun sebenarnya setiap orang percaya membutuhkan adanya komunitas untuk bertumbuh dan melayani. Bahkan orang-orang yang menyatakan diri sebagai seseorang yang sudah dewasa di dalam Tuhan pun membutuhkannya. Maka dari itu, perhatikan kegelisahan dalam dirimu ketika kamu memiliki kerinduan untuk melayani Tuhan dalam suatu komunitas tertentu. Berikan diri untuk melayani Tuhan. 
Dan kepada teman-teman yang diajak untuk mengikuti kelompok kecil, pelayanan kampus, pelayanan gereja, sediakanlah waktumu jika memang kamu mengaku ingin bertumbuh lebih lagi. Dimanapun kita melayani boleh saja, tidak ada paksaan harus di kampus, harus di gereja,dll. Tuhan mau kita memberikan diri,:)

Maaf untuk setiap kekurangan dalam tulisan ini, hanya ingin menyalurkan apa yang ada di dalam pikiran saya..Tuhan memberkati

4 comments:

  1. AWAS AJARAN SESAT!!!!!!!!

    Berhati-hatilah dengan ajaran sesat yang muncul di medan.
    Ajaran ini mengatas namakan agama Kristen, padahal Ajarannya sangat menyimpang dari Agama Kristen.
    Ajaran ini dibawa oleh Pdt. Asaf Marpaung.
    Dalam pengajarannya Pdt ini menyamakan dirinya dengan Tuhan Yesus, dan mengkultuskan dirinya sebagai Tuhan.
    Dia mengatakan Bapa di surga hanya berbicara melalui dia.

    Ajaran ini menyimpang karena melarang umatnya mengusir setan dalam nama Yesus, melarang berdoa syafaat, Melarang perjamuaan kudus, tidak perlu berbahasa Roh, dilarang beribadah ke gereja/persekutuan lain.

    Berita ini bukan omong kosong, semua dapat membuktikannya, tapi siapapun yang hendak menyelidiki harus didampaingi oleh hamba Tuhan, karena Pdt. Asaf ini mempunyai kemampuan mempengaruhi orang.

    Modus ajaran ini sangat sederhana, Pdt Asaf membuat seminar prophetic, di seminar itu peserta dipengaruhi, dibelokkan pengertiannya tentang Kekristenan, dan hebatnya dia berhasil mempengaruhi dan peserta seminar mengalami cuci otak.

    Jadi jika ada di antara teman-teman yang mendapat tawaran seminar prophetik, dengan pembicara Pdt. Asaf, segera berjaga-jaga, Minta hamba Tuhan di gereja kalian menyelidiki terlebih dahulu.

    Pengikut ajaran ini sudah mulai banyak, mereka cenderung tertutup, dan secara diam-diam mengajak ikut seminat Pdt. Asaf.

    Meskipun berkedok ajaran Kristen, pada prakteknya ajaran ini sangat bertentangan dengan ajaran Kristen yang sebenarnya.

    Ajaran ini mulai berusaha menggunakan media jejaring sosial, blog dan website.

    Jadi saudara semua, mari memberitahukan sesama umat Kristen, (jika mempunya BB bisa bantu broadcase) jika ada yang meragukan informasi ini silahkan menyelidiki, tapi harus didampingi Hamba Tuhan.

    GBU.

  1. terimakasih atas info nya ka/bang..
    Semoga kita lebih berjaga-jaga dengan maraknya pengajaran2 palsu :)
    GBU too

  1. Syalom, Damai Tuhan beserta kita semua.
    Sharing saya : Muliakan, Pujilah, Sembahlah dan Bersyukurlah kepada Allah Bapa setiap hari.
    Jangan Sombong, jangan mengira semua kerja dan hal-hal yg kamu miliki adalah semata-mata karena usahamu, karena sebenarnya bernafaspun kita tidak bisa tanpa ada Kasih Tuhan. Kasihilah Tuhan Allahmu dan sesamamu manusia, termasuk musuh-musuhmu. Amin.

  1. Syalom..
    terima kasih untuk sharingnya :)
    Semoga semakin menikmati kasih Tuhan hari ke sehari..Amin