twitter
rss


            Akhir-akhir ini semakin banyak teman-teman yang menghubungi saya untuk bertanya bagaimana cara mengerjakan psikotes yang tepat, karena mereka mengeluh selalu gagal dalam psikotes ketika sedang melamar pekerjaan.

Tentu saja saya tidak bersedia untuk menjelaskan psikotes satu persatu, bagaimana proses administrasinya, proses skoringnya, apa yang dilihat dari setiap tes,dst. Karena hal itu tidak sesuai dengan kode etik sebagai orang yang bergelut dalam dunia Psikologi. maka sangat menyedihkan melihat buku psikotes beredar di gramedia, internet, dll..Saya tetap pada prinsip, maka harus lapang dada ketika mereka menuduh saya pelit, tidak mau membantu, dll.

                Ada beberapa informasi yang ingin saya sampaikan yang berkenaan dengan tes psikotes :
  • Tujuan dari pemberian tes psikotes adalah untuk menempatkan orang yang tepat pada tempat / jabatan yang tepat (the right man in the right place). Maksudnya adalah, seharusnya yang menduduki jabatan sebagai manajer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan kecocokan dengan jabatan manajer.
  • Tidak ada jawaban benar atau salah untuk setiap item dalam alat tes tersebut, tujuan dari setiap tes adalah untuk menggambarkan siapa diri anda, jadi tetaplah isi sesuai dengan diri anda.
  • Jangan merasa bersalah atau merasa bodoh ketika anda tidak lulus dalam psikotes sebelumnya, itu bukan berarti anda bodoh. Tetapi bidang pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan anda. Saya contohkan seperti ini: anda melamar menjadi teller di bank. Seperti kita ketahui bahwa seorang teller haruslah seorang yang teliti, mampu bertahan dalam pekerjaan yang monoton, betah bekerja selama berjam-jam dengan tugas yang sama,dll. Sedangkan anda adalah seorang yang sedikit sembrono, tidak betah duduk berlama-lama, kemampuan komunikasi baik, suka berbicara,dll. Maka anda memang tidak sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Berikut saya sampaikan beberapa tips sebelum anda mengikuti psikotes :
  • Pastikan pekerjaan yang sedang anda lamar sesuai dengan minat, kemampuan dan keahlian anda. Hal ini akan mempermudah anda untuk lulus dalam psikotes :D
  •   Sebelum mengikuti tes, pastikan perut anda tidak kosong atau terlalu kenyang. Karena proses psikotes sedikit panjang dan anda membutuhkan energi. Dan pastikan anda hadir 30 menit sebelum tes dimula
  •  Berdoalah sebelum tes dimulai, untuk membuat diri anda semakin tenang dan nyaman. Rilekslah dalam mengerjakan setiap tes.
  •  Ikutilah semua proses sesuai dengan instruksi yang disampaikan oleh tester, maka dari itu anda butuh konsentrasi penuh untuk mendengarkan apa yang disampaikan tester. Ketika tester mengatakan berhenti, berhentilah. Ketika anda tidak berhenti, kemungkinan anda untuk tidak fokus pada instruksi selanjutnya semakin tinggi.
  •  Ingat, tidak ada jawaban benar atau salah. Just be your self. Jawab sesuai dengan diri anda, karena tidak ada gunanya anda memanipulasi, seorang Psikolog tetap dapat membacanya. Anda tidak mau dinilai sebagai pembohong atau tidak konsisten bukan?
  •   Jangan takut dan khawatir, ketika pekerjaan tersebut sesuai dengan diri anda, anda pasti lulus. Untuk apa anda lulus dalam pekerjaan yang tidak sesuai diri anda? Hal itu malah membuat anda tertekan, tidak menikmati pekerjaan dan akhirnya suka berpindah pekerjaan.

Demikian tips yang bisa saya bagikan, tips tersebut mungkin hanya sebagian dari tips yang bisa menolong anda dalam mengikuti Psikotes. Jika ada tambahan tips, anda dapat menambahkannya di kolom komentar.
Sekian dan terimakasih
_Erika H Sinaga

1 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.